Baby

Bagaimana Cara Menggendong Newborn Baby?

Akhir-akhir ini di media sosial sering muncul beberapa gambar atau pencerahan mengenai cara menggendong yang baik dan benar. Beberapa ibu-ibu yang mengikuti dan suka menggendong newborn baby-nya dengan model kangaroo (termasuk aku), pasti pernah deh ditegur sama orang tua, saudara, atau tetangga yang lebih tua.

“Loh kok gendongnya gitu sih?”, “Kasian anaknya kok digituin”, atau “Belum waktunya digendong kaya gitu”, dsb.

Sebetulnya, bagaimana sih seharusnya kita menggendong newborn baby? Apa newborn baby harus digendong miring? Boleh gak sih newborn baby digendong di depan?

Setelah aku baca beberapa sumber, sharing dengan ibu-ibu, dan beberapa komunitas menggendong yang ahli di bidangnya, ternyata menggendong newborn baby gak sekaku itu, kok. Dalam teorinya, memang banyak istilah-istilah untuk posisi menggendong, misalnya M- shape, C-shape, J-shape, dll. Sebetulnya istilah-istilah tersebut mengacu pada bentuk tulang bayi. Untuk newborn baby, tulangnya memang belum lurus sempurna dan agak melengkung seperti huruf C karena menyesuaikan posisinya ketika masih di dalam rahim. Oleh karena itu, posisi menggendong untuk newborn baby adalah C-shape.

Nah, berpacu pada C-shape tersebut kita dapat mengaplikasikannya ketika menggendong newborn baby. Saat ini banyak sekali jenis-jenis gendongan yang ada, misalnya jarik, wrap, ringsling, ssc, dll. Untuk newborn kita bisa menggunakan jarik/stretchy wrap untuk mendukung C-shape tadi, yaitu dengan menggendong bayi di dada dengan kaki ditekuk dan punggung membentuk huruf C (untuk lebih jelas bisa dilihat di gambar). Seiring dengan perkembangannya, bayi bisa digendong dengan bentuk M-shape dan J-shape.

Dengan menggendong seperti ini, bayi akan nyaman karena akan  menyesuaikan dengan bentuk alami tubuhnya dan ibu pun akan nyaman karena dapat bebas bergerak dan tidak pegal karena beban bertumpu pada kedua bahu. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menggendong adalah TICKS

  • Tight,
  • In view all times,
  • Close enough to kiss,
  • Keep chin off the chest,
  • Supported back.

Dengan mengetahui prinsip-prinsip ini, ibu tidak perlu lagi bingung dalam menggendong, tidak perlu takut lagi dikomentari tentang mitos-mitos dalam dunia pergendongan. Hal yang terpenting adalah cari tahu ilmunya, praktikkan, ibu nyaman dan bayi nyaman. Selamat menggendong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *