Baby Dita's Diary Parenting

Bayi Suka Ngemut Jari

Sejak usia dua bulan, bayiku Atta sudah mulai suka cooing (mengoceh) dan memasukkan jari dan tangan ke dalam mulutnya. Kadang Atta menghisap jarinya lumayan lama, tapi dia terlihat nyaman dengan kegiatan ini. Karena takut tangannya kotor, kadang-kadang aku melarang atau aku lepaskan tangannya pelan-pelan dari mulut.

Karena kegiatan ini sering sekali dilakukan aku mulai mencari tahu apa penyebabnya. Nah, ternyata ketika bayi mulai suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, berarti sedang masuk dalam fase oral. Fase oral ini merupakan salah satu tahap perkembangan anak, yaitu pada daerah oromotor (otot daerah mulut dan pencernaan). Biasanya fase ini terjadi dari usia 0-18 bulan.

Untuk bayi yang belum bisa menggenggam, biasanya ia akan memasukkan jari bahkan tangannya ke mulut. Jika sudah bisa menggenggam, mainan, selimut, buku, apa pun benda yang di dekatnya bisa dimasukkan ke dalam mulutnya.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara bayi meng-explore benda yang ada di sekitarnya. Biasanya sebagai ibu, kita akan panik atau dengan spontan melarang dengan bilang “jangan” atau mengambil barang yang dimasukkan ke mulutnya, seperti yang aku lakukan sebelumnya. Nah, kalau bisa jangan melakukan hal ini lagi ya, Moms. Biarkan saja, karena fase ini merupakan salah satu cara bayi meng-explore segala sesuatu, melatih motorik, juga merupakan fase penting yang harus dilewati untuk tumbuh kembangnya.Pastikan saja tangan, mainan, atau barang-barangnya bersih. Pastikan juga tidak ada benda-benda yang berbahaya di dekat bayi ketika masuk ke dalam mulutnya.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan ketika bayi masuk dalam fase ini? Kita dapat memberinya teether atau mainan yang aman untuk bayi. Pastikan juga teether atau mainannya bersih. Jika kita tidak yakin dengan kebersihan benda yang terlanjur dimasukkan ke dalam mulutnya, lebih baik lagi kalau kita bisa mengalihkan tanpa melarang atau menarik tangannya, misalnya dengan ngobrol, bernyanyi, membacakan buku, dan lain-lain.

One thought on “Bayi Suka Ngemut Jari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top