Dita's Diary Parenting

Bermain Sambil Belajar dengan Bubbles

Bubbles atau permainan balon tiup dari sabun biasanya banyak disukai tidak hanya untuk anak anak, tetapi juga orang dewasa. Munculnya balon-balon kecil yang banyak ketika ditiup membuat siapa saja senang melihatnya. Selain murah dan mudah ditemukan, kita juga dapat membuatnya sendiri dengan mencampurkan air dan sabun.

Biasanya setiap pagi atau sore, minimal seminggu tiga kali, aku dan suami mengajak Attaya bermain ke taman dekat rumah. Sekedar berjalan-jalan atau memperkenalkan Attaya ke suasana alam terdekat di lingkungan sekitarnya.

Salah satu kegiatan yang paling kami suka adalah bermain bubbles. Selain menyenangkan, ternyata banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari permainan bubbles ini. Berikut ini rangkuman tentang manfaat permainan bubbles dari beberapa sumber yang aku baca.
  • Melatih motorik kasar dan halus
Ketika bemain bubbles, sebagian besar anggota tubuh anak akan bergerak. Ketika balon ditiup, anak biasanya akan berjalan, berlari, atau menangkap bubbles. Kegiatan sangat baik untuk perkembangan motorik kasar anak. Selain itu, kegiatan meniup bubbles dari sedotan, lalu memasukkan sedotan ke tempat campuran air dan sabun dapat menjadi sarana latihan untuk perkembangan motorik halusnya.
  • Melatih koordinasi mata, tangan, dan kaki
Ketika ditiup,  larutan air sabun akan menghasilkan bubles yang beterbangan, otomatis mata akan tertuju pada bubbles di udara. Biasanya, anak akan berusaha meraih dan mengejarnya. Aktivitas ini dapat melatih koordinasi mata, tangan, dan kaki
  • Melatih keterampilan oromotor
Oromotor adalah alat gerak mulut yang meliputi otot wajah, bibir langit-langit muluu, anak tekak, pita suara, gusi, gigi, dan lidah. Bagian-bagian ini yang nantinya akan berfungsi untuk mendukung keterampilan seputar daerah tersebut, misalnya berbicara dan mengunyah makanan. Ketika meniup bubbles, secara tidak langsung anak berlatih untuk menggunakan otot oromotor mereka
  • Melatih keterampilan visual
Dengan memperhatikan dan fokus pada bubbles yang beterbangan, keterampilan visual anak juga akan terlatih karena mata anak fokus menuju bubbles yang akan diraihnya.
  • Memperkuat bonding antara orangtua dan anak.
Waktu yang berkualitas antara orang tua dan anak akan memperkuat bonding di antara keduanya. Bonding atau ikatan ini akan berhubungan dengan perkembangan psikologis anak.
Wah, ternyata untuk melatih berbagai aspek perkembangan anak bisa dimulai dari hal sederhana ya. Salah satu contohnya adalah permainan bubbles ini. Permainan yang sederhana, namun banyak manfaat nya. Yuk, ajak anak kita bermain bubbles!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top