Dita's Diary Reviews

Cari Kafe Ramah Anak di Jakarta Selatan? Yuk Coba Kafe Ber-playground ini!

Hi Mams, mau cari kafe ramah anak khususnya di daerah Jakarta Selatan, kadang bingung ya karena banyak pertimbangan. Saat pergi kemana pun, pasti kenyamanan si kecil adalah poin terpenting yang dipikirkan. Misalnya, memilih tempat yang kebersihannya terjaga, memilih mal yang memiliki nursery room yang bagus, atau memilih restoran yang memiliki baby chair atau playground. Semua dipertimbangkan demi kepentingan si kecil agar selalu nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah memiliki anak, beberapa kali pergi ke mal atau restoran, pasti di antara kita punya tempat favorit yang membuat nyaman. Kebetulan, aku tinggal di daerah Jakarta Selatan, beberapa tempat di bawah ini adalah kafe ramah anak favoritku bersama anakku, Attaya.

  • Brood en Boter
Meet Up at Brood en Boter

Brood en Boter merupakan kafe ramah anak pertama yang aku kunjungi bersama Attaya ketika usianya masih sekitar 6 bulan. Saat itu aku mengunjungi tempat ini dalam rangka meet up dengan komunitas birthclubnya Attaya, yaitu bcjunejuly17 (komunitas bayi yang lahir pada bulan Juni dan Juli 2017). Sekitar 50 orang mom dan babynya hadir dalam kafe ini. Walaupun agak terasa sesak, namun masih menampung orang sebanyak itu.

Dominasi earth colour seperti coklat muda dan putih pada pemilihan furniture-nya membuat suasana di kafe ini terasa hangat dan nyaman. Makanan yang disajikan juga beragam, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Brood en boter juga menjual roti, kue-kue, dan beberapa souvenir yang terpajang di depan pintu masuk. Jadi, ketika masuk kita akan langsung dihadapkan dengan kue-kue dan roti yang tertata rapi di meja.

Kafe ini memiliki nursery room dan playground yang nyaman dan bersih, bahkan disediakan UV sterilization. Playground terdapat di ruang terpisah namun terpisah dengan kaca transparan dan tetap dekat dengan ruang makan, sehingga para mama dapat melihat dengan jelas ketika anaknya bermain. Di dalam playground terdapat berbagai jenis mainan dan terpasang playmat yang empuk dan nyaman untuk anak anak bermain. Jika akan mengadakan acara tertentu seperti ulang tahun, baby shower, acara komunitas, dll, kafe ini juga menyediakan fasilitas dengan reservasi sebelumnya.

Alamat Brood en Boter:

Jl. Bangka Raya No.25, RT.2/RW.2, Pela Mampang, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1272

  • Harlequin Bistro
Harlequin Bistro

Jika aku harus memilih dua kata untuk menggambarkan kafe ini adalah unik dan cantik. Kenapa unik dan cantik? ketika masuk, aku terpana dengan ornamen-ornamen dan pemilihan furnitur yang cantik dan elegan, mulai dari hiasan, kursi, meja dan lampu. Walaupun dari luar kafe ini terlihat sangat sempit, namun begitu membuka pintu masuk, jangan kaget karena ternyata cafe ini cukup luas bahkan memiliki playground.

Jika masuk lebih dalam, kita akan menemui playground untuk toddler yang membentuk seperti mini perahu. Namun, hati-hati ya Mams, ketika anak main di area ini tetap harus diawasi karena terdapat tangga dan tali-tali untuk menjangkau bagian atas mini perahu. Kafe ini juga sering digunakan untuk event-event karena tempatnya yang bagus.

Playground di Harlequin Bistro

Makanan yang disajikan beragam mulai dari dessert, main course hingga appetizer. Saat itu aku mencoba strawberry smoothies dan lasagna. Untuk kisaran harga sekitar 70.000 – 200.000 untuk satu orang, cukup sesuai dengan rasa yang disajikan.

Alamat Harlequin Bistro:

Jl. Kemang I no 10A-10B, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta, 12730

  • Buba and Bump
Buba n Bump

Buba n bump adalah salah satu kafe yang bertema mom and baby. Pertama kali tau kafe ini karena ada kelas bayi yang diselenggarakan di sini. Kafe ini terdiri dari dua lantai, di lantai pertama adalah cafe, playground dan mini shop keperluan ibu dan bayi. Di lantai dua, terdapat mini studio yang biasanya digunakan untuk berbagai macam kegiatan, kelas-kelas bayi dan toddler, kelas yoga, dan lain-lain.

Dari segi kebersihan, menurutku kafe ini cukup nyaman dan bersih untuk tempat bermain bayi dan anak. Setiap pengunjung diwajibkan untuk melepas sepatu sebelum masuk ke playground juga ke lantai dua. Mini studio di lantai dua cukup luas jika digunakan untuk bermacam kegiatan. Namun, mini shop yang menyatu dengan tempat makan di lantai satu membuat kafe ini terasa sempit.

Playground di Buba n Bump

Dari segi harga, makanan yang ditawarkan di kafe ini cukup sesuai. Saat itu aku mencoba menu makanan dengan range harga 70-150.000 untuk satu orang. Cukup sesuai dengan rasa yang ditawarkan.

Alamat  Buba n Bump:   Jl. Ciranjang, RT.2/RW.1, Rw. Bar., Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

  •  Mamain cafe

Tidak jauh dari Buba n Bump, ada Mamain Cafe yang juga berkonsep mom and baby cafe.  Seperti taglinenya, eat, play, repeat, kafe ini memang khusus mengusung tema untuk baby dan toddler karena disediakan playground yang cukup aman, nyaman, dan bersih.

Kafe ini terletak di lantai 2 sebuah ruko. Jadi, kita harus menaiki tangga dulu untuk memasuki kafe ini. Setelah masuk, kita akan melihat tempat pemesanan makanan di sebelah kanan, kursi-kursi tempat makan disebelah kiri, dan playground di samping kursi-kursi makan. Jika dibandingkan dengan kafe lain sebelumnya, kafe ini tidak terlalu luas namun koleksi mainannya cukup baik untuk menarik perhatian si kecil untuk bermain. Sayang saya tidak sempat berfoto-foto di tempat ini.

Alamat Mamain Cafe:

 Jl. Gunawarman No. 21, 2nd floor, Kebayoran Baru, RT.4/RW.3, Selong, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12110

  • Jag’s Kitchen

Mungkin sekilas kafe ini tidak sepopuler kafe ramah anak lainnya karena letaknya yang agak di pinggir selatan Jakarta, tepatnya daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kebetulan kafe ini dekat sekali dari rumahku, jadi beberapa kali aku main ke sini. Aku suka sekali dengan makanannya karena menurutku enak dengan harga yang sesuai.

Salah satu menu di Jag’s Kitchen

Jag’s Kitchen sebetulnya bukan kafe yang mengkhususkan untuk baby dan toddler. Namun, di samping kafe ini terdapat playground yang cukup besar. Harga satu kali masuk adalah 35.000 dengan 1 pendamping. Jadi, kalau sudah makan dan kenyang, Mama bisa mampir ke tempat ini untuk mengajak si kecil bermain.

Alamat Jags Kitchen:

Jalan Jagakarsa No.22, RT.6/RW.4, Jagakarsa, RT.6/RW.4, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620

Nah, itu beberapa ulasan kafe ramah anak yang memiliki playground rekomendasi versi aku. Mungkin masih banyak sekali rekomendasi kafe ramah anak atau restoran lain yang membuat nyaman mama dan anaknya. Kalau menurut Mams, di mana lagi ya tempat hangout yang seru untuk ajak anak-anak? Yuk share di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top