Dita's Diary

Cerita Tentang Tulisan Mama

Untuk para mama, pasti sering ya, kita mendengar istilah I’m proud many things in life, but nothing beats being mother. Istilah itu ternyata juga berlaku untukku dan aku rasakan setelah menjadi seorang mama. Memiliki buah hati adalah pengalaman yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata karena rasanya bermacam-macam. Dari bahagia, cinta, sayang, capek, kesal, sedih, dan lain-lain, pasti semua mama pernah merasakannya. Walaupun bermacam-macam rasa, tapi tetap menjadi seorang mama adalah nikmat dan karunia yang tak ternilai harganya.

Sejak jadi mama, banyak sekali kebahagiaan yang aku lewati, yang aku banggai, tentunya untuk anakku, bukan untuk orang lain. Namun, kebahagiaan yang paling terasa bagiku dimulai ketika pertama kali aku melihatnya, menatap matanya.

Ya, mata bayiku ketika dilahirkan. Ketika kami saling bertatap untuk pertama kalinya. Ketika jemari kecilnya berusaha merengkuh dada, demi mencari setetes ASI pertamanya. Suara tangisan melengking yang sangat nyaring, tapi aku mendengarkan bagaikan melodi yang sangat indah, karena itu pertanda  bahwa ia baik-baik saja. Bayi mungil ini, yang tinggal selama 9 bulan lamanya dan menyatu di dalam tubuhku, yang terhubung darah dariku, dan yang mendengar irama jantungku di setiap detaknya.

Sejak saat itu, hari-hariku diwarnai dengan banyak sekali hal baru yang belum pernah sama sekali aku lakukan sebelumnya bahkan belum pernah aku bayangkan. Dengan segala kerepotan dan kebingungan seorang new mom, aku harus melalui semuanya untuk memberikan yang terbaik kepada hadiah dari Tuhan ini.

Sejak saat itu, aku mulai merasa menjadi seseorang yang baru. Seseorang yang berbeda dari sebelumnya. Dari seorang gadis remaja yang penuh dengan ambisi dan cita-cita, kesibukan di luar rumah, bahkan terkadang rumah hanya sebagai tempat untuk istirahat saja. Kini, sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah, dengan suasana baru, suami, dan malaikat kecil yang melengkapi.

Sejak saat itu, aku mulai menjadi seorang pembelajar yang sebenarnya. Pembelajar yang tiada lelah mencari pengetahuan baru dengan kertas kosong yang aku bawa yang setiap harinya dan harus ditulis dengan ilmu baru. Pembelajar yang tidak hanya mempelajari, tetapi mempraktikkan ilmunya secara langsung. Pembelajar yang selalu berusaha untuk tidak berkata tidak pada ilmu baru yang diperolehnya. Semua itu semata-mata karena cinta, kepada buah hati agar mendapat perlakuan yang terbaik pada akhirnya.

Sejak saat itu, aku menjadi seseorang yang baru benar-benar memahami apa itu cinta dan kasih sayang. Cinta dan kasih sayang ini pernah aku rasakan sebelumnya, kepada orangtua, kakak adik, suami, dll. Namun, ketika seorang malaikat kecil lahir di dunia ini dari rahim sendiri, saat itu pulalah aku merasakan cinta dan kasih sayang yang berbeda yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Akan tetapi, sebagai manusia biasa, tempat khilaf dan lupa, terkadang sulit untuk aku mengontrol diri atau sekadar menahan emosi ketika lelah—proses adaptasi yang sering dialami sebagian besar mama baru.  Selalu aku ingatkan diriku sendiri untuk menarik napas panjang, istirahat sebentar, melakukan kegiatan sederhana yang ingin aku lakukan, atau menulis apa yang aku rasakan, tanpa mengurangi kewajiban sebagai seorang mama. Aku yakin, itu semua tidak akan mengurangi cinta dan kasih sayang kepada anakku.

Ya, itu semua terjadi sejak saat itu, sejak aku menjadi seorang mama.  Tak lama kemudian, sejak itu pula Tulisan Mama lahir sebagai temanku menjalani kehidupan sebagai seorang mama. Sebagai refleksi cintaku kepada anakku dan diriku sendiri untuk selalu produktif dan berkarya.  Kenapa Tulisan mama? karena “tulisan” adalah sebuah media. Dengan harapan dapat menjadi mediaku untuk belajar dengan menuliskan kembali pengalaman dan apa yang aku ketahui, media untuk berbagi, dan media untuk self healing. Semoga aku dapat terus konsisten untuk berbagi di media ini, dan semoga  Tulisan Mama juga dapat menemani hingga aku memiliki malaikat kecil selanjutnya nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top