Academic Life Dita's Diary

Cerita Seputar Kuliah #1: Apa Itu Ilmu Linguistik?

Ketika lulus kuliah sarjana, lalu memutuskan untuk melanjutkan kuliah, seorang kerabat pada sebuah acara pernikahan kerabat kami yang lain bertanya padaku.

Wah, kamu lanjut kuliah yaa? Ambil jurusan apa?”

“Linguistik, Tante”

“Hah?”
“Linguistik (dengan nada sedikit dieja)”
“Oh linguistik yang kedokteran itu bukan sih?
“… bukan (speechless)” 
Entah ini kali ke berapa aku harus menjelaskan ke orang yang bertanya, apa itu lingustik. Pada akhirnya aku hanya menjawab sekadarnya, atau mencoba tidak memperpanjang pembicaraan dengan mengganti topik lain.
Memang, linguistik kedengarannya serupa dengan forensik karena bunyi yang sama di akhir, tapi keduanya memiliki perbedaan cabang ilmu yang jauh sekali 😂. Linguistik memang juga bukan cabang ilmu yang terkenal seperti  kedokteran, manajemen atau psikologi. Jadi, wajar saja jika ada beberapa pihak banyak yang belum memahami apa itu linguistik.
Dalam tulisan ini, aku ingin berbagi dan bercerita sedikit tentang apa itu linguistik dalam bahasa umum yang mudah dipahami. Secara sederhana, linguistik berarti ilmu tentang bahasa.
“Oh, berarti bisa macam-macam bahasa dong?”
Jawabannya bisa iya, bisa tidak.
Ilmu tentang bahasa, berarti semua seluk beluk tentang bahasa akan dipelajari, bahasa apa pun itu. Mulai dari linguistik murni seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, linguistik terapan; kaitan bahasa dengan psikologi, sosiologi, kedokteran, dll, atau bahkan linguistik terapan pada pengajaran, komunikasi, penulisan, penyuntingan, dan lain-lain semua dipelajari. Singkat kata, di mana ada bahasa, di situ ilmu linguistik berperan.
Seorang linguis (sebutan untuk ahli bahasa) bisa saja juga merupakan seorang poliglot (orang yang menguasai beberapa bahasa) bisa juga tidak. Linguistik dan poliglot jelas berbeda. Linguistik adalah ahli bahasa sedangkan poliglot adalah orang yang mampu berbicara banyak bahasa.
Pada tahap linguistik murni, bahasa dipelajari sebagai ilmu murni yang membangun sebuah bahasa, dimulai dari bunyi bahasa yang dipelajari pada ilmu fonologi, proses pembentukan kata pada ilmu morfologi, proses pembentukan kalimat pada ilmu sintaksis, dan proses pembentukan makna pada ilmu semantik. Pada akhirnya, menjadi sebuah bahasa yang utuh yang digunakan oleh manusia di muka bumi ini.
Ketika menjadi sebuah bahasa, linguistik akan menjadi salah satu cabang ilmu yang sangat luas dan dapat diterapkan pada banyak ilmu. Hal ini akan dipelajari dalam linguistik terapan. Sebagai contoh, ketika kuliah saya tertarik pada linguistik terapan dan mengambil topik  tesis tentang bahasa anak, khususnya pada pemerolehan bahasa anak. Maka pembahasan ini akan memiliki keterkaitan dengan ilmu psikologi. Oleh karena itu, diperlukan kajian terhadap ilmu lain untuk mendalami topik-topik tertentu dalam linguistik terapan.
Bukan hanya itu, terapan dalam linguistik juga dapat diperlukan lagi di manapun kapanpun. Karena objek dalam linguistik adalah bahasa, ketika kita melakukan kegiatan berbahasa, ilmu linguistik akan digunakan. Sebagai contoh, dalam pengajaran, editing, copy writing, dll, semua memerlukan ilmu linguistik pada penerapannya.
Jika dipahami dengan baik, ilmu linguistik ini sangat penting dan bermanfaat dalam kehidupan berbahasa. Sejak manusia dilahirkan dan berkomunikasi dengan tangisan, bahasa tubuh juga terkait dalam linguistik. Kaitan ilmu linguistik dalam hal ini nanti akan meluas ke arah semiotik, yaitu bahasa sebagai tanda.

Jadi, ilmu linguistik itu menarik ya. Sangat luas untuk dipelajari, juga semakin dalam dan variatif untuk diteliti. Seperti salah satu kutipan dari seorang linguis sekaligus filsuf, L, wittgeinsten yang menyatakan bahwa “the limits my language means my limit of my world”.

Setelah membaca artikel ini, semoga ada gambaran sedikit tentang ilmu linguistik ya. Jika ada koreksi atau tambahan, saya akan senang sekali menerimanya. Jika masih tertarik dan penasaran tentang ilmu linguistik, yuk berdiskusi dan belajar bersama untuk membahasnya lebih dalam! 😊

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top