Parenting

Generasi Alpha, Bagaimana Mempersiapkannya?

Mengenal Generasi Alpha

Hi Mams, apakah punya anak yang lahir di tahun 2010-2025? Jika ya, anak-anak ini disebut Generasi Alpha. Siapakah Generasi Alpha? Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, istilah Generasi Alpha pertama kali dicetuskan oleh Mark McCrindle, Sosiolog Australia. Generasi Alpha adalah anak-anak yang lahir pada tahun 2010-2025. Ciri-ciri generasi ini adalah mampu berpikir kritis dan mampu mencari informasi dengan cepat, familiar dengan teknologi voice assistant, terbiasa menggunakan smart device, dan peduli dengan lingkungan.

Sesuai dengan pembahasan mengenai Generasi Alpha, pada tanggal 19 September 2019 lalu, aku hadir di acara yang diselenggarakan oleh PT Wyeth Nutrition dalam peluncuran S-26 Procal gold dengan inovasi terbaru, yaitu dengan Multiexcel Alpha Lipids System. Dalam acara ini juga dibahas tentang seluk beluk Generasi Alpha dan bagaimana mempersiapkannya di masa depan. Acara ini dihadiri oleh beberapa pembicara yang ahli di bidangnya, Rosdiana Setyaningrum, M. Psi., M. HPed (Psikolog), Dr. Attilla Dewanti, Sp.AK (dokter neurolog), Syara Latifatun Anisa (Brand Manager), dan Yuma Soerianto, seorang anak berprestasi dalam bidang teknologi, beserta ibunya.

Aku menghadiri peluncuran S-26 Procal Gold

Dalam acara tersebut, Yuma Soerianto mempresentasikan salah satu aplikasi yang dibuatnya dalam rentang usia 6-12 tahun. Pada usia 12 tahun, ia sudah membuat 9 aplikasi, 3 beasiswa internasional, dan beberapa penghargaan lainnya. Di usia yang semuda itu, Yuma dapat menjadi contoh bahwa anak kita dapat berprestasi dan cemerlang bahkan di usia yang sangat dini.

Lalu, bagaimana dengan Generasi Alpha? Generasi Alpha ini adalah generasi hebat yang akan menjawab tantangan di masa depan. Masa yang penuh dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita juga perlu mempersiapkannya dengan baik.

Mempersiapkan Generasi Alpha bagi Orangtua Millenials dengan Progressive Learning

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, anak Generasi Alpha ini kebanyakan lahir dari orangtua Generasi Millenials. Biasanya orang tua Generasi Millenials ini memiliki ciri-ciri aktif mencari parenting tips dari internet, mengabadikan milestone anak mereka di media sosial, percaya diri dengan kemampuan parentingnya, punya anak di usia yang lebih matang, dan mengajakan anak untuk gender free.

Mams, tentu bisa bayangkan ya, Generasi Millennials saja sudah dapat mengakses informasi dengan mudah karena perkembangan teknologi yang semakin baik. Apalagi Generasi Alpha. Ketika besar nanti, anak-anak kita ini tentunya harus menyiapkan diri menghadapi tantangan ketika masa depan nanti. Apa saja tantangannya?

Menurut Rosdiana Setyaningrum, tantangan Generasi Alpha di masa depan adalah berkurangnya interaksi sosial secara langsung, banyak lapangan kerja yang digantikan oleh teknologi, akan bekerja di bidang yang saat ini bahkan belum ada jenis pekerjaannya, kualifikasi dan tuntutan SDM semakin tinggi.

Sebagai orangtua dari Generasi Alpha, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menjawab tantangan tersebut? Nutrisi dan stimulasi yang tepat harus diberikan sejak dini untuk menjawab tantangan di masa depan. Selain itu, kita juga dapat menerapkan progressive learning ability sejak dini, yaitu kemampuan pembelajaran yang progresif dengan karakter-karakter berikut ini.

1.Eksploratif

Artinya, sejak dini biarkan anak mengeksplor apa saja yang menjadi hal baru baginya. Dengan eksplorasi dan menjelajahi berbagai minat, anak jadi banyak tahu dan berkembang dengan baik berdasarkan pengalamannya tersebut. Apakah minat dan bakatnya di bidang musik, olah fisik, kesenian, sains, dll, semua dapat dijelajahi sejak dini untuk mengetahui bakat dan minatnya

2. Berpikir kritis

Memiliki pikiran yang kritis adalah salah satu karakter yang wajib dimiliki Generasi Alpha untuk mampu bersaing di masa mendatang. Berpikir kritis dapat juga berarti memiliki pikiran di luar pola yang sudah ada, membuat sesuatu hal yang baru yang belum ada dan bermanfaat untuk banyak orang.

3. Memiliki jiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan, berarti menjadi pelopor. Dapat dimulai dari diri sendiri, lalu kelompoknya dan masyarakat luas. Hal ini dapat kita tanamkan dari hal-hal kecil mulai dari kebiasaan di rumah, minimal di lingkungan keluarga.

4. Empati

Empati berarti dapat memahami kebutuhan orang lain agar menciptakan solusi bagi lingkungannya.

Empat karakter di atas adalah karakter yang perlu diterapkan dalam progressive learning ability. Karakterkarakter tersebut sangat perlu untuk dibiasakan sejak dini, agar ketika besar nanti anak-anak terbiasa dan dapat mendukung kesuksesan dalam kehidupannya.

Stimulasi dan Pemenuhan Nutrisi untuk Generasi Alpha

Jika persiapan dan stimulasi sudah diberikan dengan tepat, bentuk dukungan lain yang dapat diberikan orang tua adalah pemenuhan nutrisi dengan baik, khususnya 1000 hari pertama kehidupan. Menurut pakar neurologi anak, dr. Attila Dewanti Sp.A(K), dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi penting untuk mendukung perkembangan anak. Bagi anak yang sudah lepas dari ASI, susu pertumbuhan juga bisa menjadi pilihan karena juga mengandung asam lemak esensial seperti asam linoleat dan linolenat yang berguna untuk membangun membran sel otak. Sesuai acara dari Wyeth Nutrition lalu, salah satu produknya yaitu S-26 Procal Gold memiliki kandungan dengan inovasi terbaru yaitu Multiexcel Alpha Lipids System yang juga hadir untuk mendukung pertumbuhan anak-anak Generasi Alpha.

Generasi Alpha adalah generasi hebat karena lahir dan besar di era kemajuan teknologi. Jadi Mams, sudah siapkah kita mempersiapkan anak-anak hebat, anak-anak Generasi Alpha untuk menjawab tantangan di masa depan? Yuk sama-sama belajar dan mulai terapkan pembelajaran yang progresif mulai saat ini.

#GenerasiAlpha #ProgressiveLearningAbility #DariBelajarJadiHebat #S26ProcalGold

2 thoughts on “Generasi Alpha, Bagaimana Mempersiapkannya?

  1. Kece amat progressive learning ini ya. Coba ah praktekkin lebih mendalam ke bintang. Kalau ai udah lumayan sih kayaknya. Bintang yg masih PR hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top