Parenting

Masa Depan Bangsa Ada di Tangan Anak Kita dan 33 Juta Anak Indonesia Lainnya

Halo Mams! Terutama yang memiliki anak usia 0-6 tahun, pernahkah kita berpikir akan seperti apa bangsa Indonesia kelak? Atau pernahkah terlintas di kepala kita bahwa masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak kita ini? Anak yang masih kecil, polos, dan lucu ini beberapa tahun ke depan adalah penentu nasib bangsa. Sudahkah kita mempersiapkan anak kita menjadi generasi maju yang tangguh?

Kenapa masa depan Indonesia ada di tangan anak-anak kita?

Pexels.com/ArtemBali

Dikutip dari detiknews, Berdasarkan sumber dari Data Profil Kesehatan Indonesia yang diterbitkan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada 2017 lalu mencatat ada 33 juta anak dengan rentang usia 0 sampai 6 tahun yang mendominasi piramida penduduk Indonesia. Tentu bisa dibayangkan, rentang usia anak-anak usia 0-6 tahun inilah jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Anak kita dan 33 juta anak Indonesia lainnya adalah kunci kemajuan bangsa ini pada 15-20 tahun mendatang.

Dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk usia lainnya, anak-anak ini berperan sangat besar untuk kemajuan bangsa. Kelak anak-anak inilah yang akan melanjutkan dan memutar roda kehidupan perjalanan bangsa ini. Apapun minat dan bakatnya saat ini, apapun bidang yang akan digeluti nanti, atau apapun keahliannya ketika dewasa, selagi positif dan mampu memajukan kualitas hidup secara maksimal di negara ini, anak kita akan mampu berperan positif dalam memajukan bangsa Indonesia.

Sebagai orangtua, kita adalah support system pertama dan terbesar bagi anak-anak kita. Kesadaran orangtua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini dapat menjadi langkah awal untuk menuju indonesia maju. Hal ini juga akan lebih maksimal jika didukung pihak-pihak lain yang terkait seperti pemerintah atau sektor swasta yang membuat program atau fasilitas yang mendukung orangtua terkait pertumbuhan dan perkembangan anak.

Memaksimalkan potensi yang ada pada anak melalui pemenuhan gizi seimbang dan stimulasi yang tepat

pixabay.com/sasint

Mams, sudahkah kita memaksimalkan potensi yang ada pada anak kita? Apapun jawabannya, setiap orangtua pasti akan memberikan yang terbaik dan maksimal untuk anaknya. Untuk memaksimalkan potensi anak, tentu diperlukan langkah awal yang tepat, salah satunya pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Dengan nutrisi seimbang dan stimulasi yang baik, anak kita akan memiliki pondasi yang kuat dan tumbuh dengan maksimal sehingga potensinya kelak akan dapat berguna bagi kemajuan bangsa ini.

Anak usia 0-6 tahun, sangat memerlukan gizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Gizi seimbang ini didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari mulai dari karbohidrat (nasi, roti, kentang, dll), protein hewani (telur, keju, susu, dll), protein nabati (tempe, kacang, dll), lemak, vitamin, dan mineral. Pemenuhan gizi seimbang ini perlu diperhatikan sejak kehamilan, ketika sel-sel dan organ-organ bayi mulai terbentuk. Dilanjutkan dengan pemenuhan gizi dan nutrisi yang seimbang ketika anak mulai diperkenalkan dengan makanan. Anak yang tumbuh dengan gizi seimbang, akan mempengaruhi perkembangan lainnya secara maksimal.

Selain gizi, stimulasi juga penting untuk memaksimalkan potensi anak. Stimulasi dapat dilatih melalui berbagai aspek, yaitu motorik, kognitif, bahasa, dan sosial. Sebagai contoh, kemampuan pada aspek motorik, kemampuan anak tengkurap, merangkak, berjalan, dll semua tahapan pada kemampuan tersebut perlu diberikan stimulasi agar perkembangannya tepat dan sesuai. Semakin bertambah usia, semakin kompleks perkembangannya. Begitu juga pada aspek lain seperti kognitif, bahasa, dan sosial. Stimulasi yang tepat pada aspek-aspek ini dapat memaksimalkan potensi yang ada di diri anak sejak dini. Dengan memperhatikan kelebihan pada salah satu atau beberapa aspek, kita dapat mengetahui minat dan bakat anak kita, yang diharapkan kelak akan dapat berperan positif dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Nah Mams, saat ini adalah tugas kita sebagai orangtua untuk selalu memberikan asupan gizi yang cukup pada anak juga memberikan stimulasi yang tepat untuk memaksimalkan potensi yang ada. Anak yang sehat dan berprestasi adalah harta berharga bagi bangsa demi generasi maju . Jika para orangtua menyadari hal ini dengan baik dan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, kelak Indonesia akan dapat menjadi negara yang maju dan berdaya karena masa depan bangsa Indonesia ada di tangan anak kita, dan 33 juta anak Indonesia lainnya.

Sumber Bacaan:

https://news.detik.com/berita/d-4399927/peran-pemerintah–keluarga-dukung-33-juta-anak-terpenuhi-nutrisinya

One thought on “Masa Depan Bangsa Ada di Tangan Anak Kita dan 33 Juta Anak Indonesia Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top