Mom Reviews

Pengalaman dan Tips Belanja Bulanan Lebih Hemat

Hi Mams! aku mau cerita sedikit nih tentang pengalaman dan tips belanja bulanan lebih hemat. Sebelumnya, suka ngerasa ga sih kadang-kadang pengeluaran untuk belanja keperluan sehari-hari lebih dari anggarannya. Berdasarkan pengalamanku sendiri, pengeluaran bulanan yang “berlebih” ini kadang disebabkan oleh godaan-godaan kecil yang tidak terduga. Misalnya, beli cemilan berlebih, ngopi tiap weekend, beli perintilan lucu yang tidak terpakai, dll. Apalagi sekarang zamannya belanja online, jastip (jasa titip belanja) di mana-mana, siapa coba yang ga tergoda untuk belanja? Pasti banyak, aku juga! tahan ya Mams, hehe.

Bukannya tidak boleh, namun kita memang harus bijaksana ya untuk memutuskan membeli sesuatu. Setelah mengikuti workshop financial planning beberapa waktu lalu (ulasan lengkapnya bisa dilihat di sini ), aku jadi lebih aware dengan hal-hal kecil seperti ini. Usahakan tiap pengeluaran harus tepat pada posnya tersendiri, misalnya pos untuk belanja bulanan, listrik, hiburan, dll.

Salah satu hal yang aku garis bawahi dari workshop tersebut adalah pembagian anggaran keuangan rumah tangga. Ideal pembagiannya adalah biaya hidup saat ini 40%, cicilan saat ini 30%, tabungan masa depan dan investasi 30%. Nah, dari 40% biaya rutin saat ini, kira-kira bagaimana ya mengaturnya agar belanja bulanan lebih hemat? Yuk simak pengalaman dan tips versi aku:

Buat pos pengeluaran

Ilustrasi pos pengeluaran

Pos-pos pengeluaran ini sangat membantu agar kita tidak menggunakan uang di luar posnya. Kita juga perlu membuat anggaran belanja setiap bulan dan patuhilah anggaran tersebut. Buat pos kebutuhan primer terlebih dahulu seperti tagihan listrik, cicilan, pendidikan, belanja bulanan, dll. Aku juga biasanya membuat pos hiburan untuk pengeluaran dana yang sifatnya tidak primer, jadi biaya tidak terduga atau yang sifatnya hiburan bisa diambil dari pos ini. Jika pengeluaran pada masing-masing pos ini berlebih, biasanya akan aku masukkan rekening tabungan atau reward untuk pos hiburan.

Buat daftar menu makanan mingguan

Ilustrasi menu makanan

Menyusun menu satu minggu ke depan ini akan sangat membantu dalam berbelanja mingguan ke pasar tradisional atau supermarket. Jika tidak berdasarkan catatan ini, seringkali aku tergoda untuk membeli yang tidak dibutuhkan atau malah jadi terbuang.  Rencanakan juga agar menu yang dimasak nanti tersedia dengan porsi yang pas sesuai jumlah anggota keluarga. Jika tidak sempat masak, aku biasanya membeli makanan di luar namun tetap disesuaikan dengan budget yang telah ditetapkan dalam pos belanja makanan harian atau mingguan.

Catat pemasukan dan pengeluaran bulanan untuk evaluasi

Ilustrasi catatan

Nah, catatan ini yang terpenting namun sering terlupa ya. Usahakan sekecil apapun pengeluaran dicatat untuk evaluasi tiap bulan, apa yang membuat pengeluaran tidak sesuai posnya. Catatan ini bisa ditulis manual atau menggunakan aplikasi karena saat ini banyak aplikasi yang dapat membantu.

Belanja kebutuhan rumah tangga online atau grosir

Ilustrasi belanja online

Millenials mom mana yang ga suka belanja online? Hehe. Pasti sebagian besar suka dan bahkan ketergantungan dengan belanja online yah (termasuk aku :D). Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, bisa membandingkan harga, banyak juga promo yang ditawarkan. Apalagi kalau belanja banyak atau grosir (untuk bahan makanan yang tidak cepat busuk atau basi) pasti lebih murah. Misalnya minyak, popok, sabun, gula dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pengalaman berbelanja grosir di idmarco

Halaman beranda idmarco

Salah satu e-commerce yang pernah aku coba untuk belanja grosir adalah idmarco. Idmarco merupakan e-commerce yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari makanan, minuman, peralatan rumah tangga, perlengkapan ibu dan anak, dll. Setelah coba berbelanja di sini, harganya memang jauh lebih murah. Pembelian grosirnya pun bisa dimulai dari 3 pcs, 6pcs, 1 lusin dst. Bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ketika berbelanja kemarin, aku mendapatkan promo potongan 100.000 rupiah untuk belanja minimal 300.000 dari acara birthday bash @bcjunejuly2017. Wah, lumayan hemat banget ya. Masih banyak juga promo lain, salah satunya adalah gratis ongkir dan belanja gratis setahun. Program promo lainnya bisa dicek pada bagian promo.

Promo voucher idmarco dari acara birthday bash @bcjunejuly2017

Proses belanja di idmarco juga sangat mudah. Sama seperti e-commerce lainnya, sebelum memiliki akun, registrasi dulu dengan mengisi data-data yang diminta. Jika sudah berhasil maka kita dapat langsung berbelanja. Pilih produk yang diinginkan lalu masukkan keranjang belanja. Jika sudah selesai bisa lanjutkan pembayaran.

Metode pembayaran bisa menggunakan bank transfer, kartu kredit, ataupun pembayaran online lain. Lalu lakukan pembayaran sebelum 1×24 jam. Pengalaman berbelanja kemarin, selain mudah dan hemat, pengantarannya juga cepat. Hanya dalam waktu 2 hari, pesananku sudah selamat sampai rumah.

Pesanan dari idmarco datang

Berdasarkan pengalaman kemarin, aku sangat rekomendasikan untuk belanja di sini. Apalagi sekarang sedang ada promo gratis ongkir, pasti lebih hemat untuk pengeluaran bulanan kita ya. Thank you idmarco! Sudah membuat pengalaman belanja grosir aku sangat mudah, hemat, dan menyenangkan.

Nah ulasan di atas adalah pengalaman dan tips belanja bulanan hemat versi aku yaa Mams. Tentunya tiap keluarga punya kebijakan dan preferensi masing-masing yang disesuaikan. Kalau Mams gimana? Yuk share di kolom komentar! ♥️

Sumber foto: Pexels & dokumen pribadi

4 thoughts on “Pengalaman dan Tips Belanja Bulanan Lebih Hemat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top