Baby Dita's Diary Parenting

6 Persiapan Sebelum Staycation Bersama Newborn

 

Baru punya newborn baby memang banyak khawatirnya ya, termasuk aku. Apalagi aku newmom, jadi segala sesuatu hal yang baru pertama kali bersama baby juga pasti dipikir-pikir dulu, misalnya kenyamanan bayi, akan rewel atau sakit, dll. Sebetulnya Attaya sudah pernah keluar rumah sejak sebulan (selain kontrol ke RS), tetapi memasuki usia 2 bulan, agaknya mamanya pun butuh hiburan, hihi. Jadilah request ayah untuk refresh sebentar ajak Attaya. Akhirnya kami memutuskan untuk staycation di akhir minggu. Selama 2 hari 1 malam dan masih di sekitar Jakarta. Kebetulan kami juga ajak orang tuaku, jadi lengkap deh, rame. Ada Attaya, ayah, juga kakek-nenek Attaya.

Awalnya, aku sempat ragu mau ajak Attaya menginap, karena masih terlalu kecil pada saat itu. Takut rewel, sakit, dll. Tapi alhamdulillah Attaya tidak rewel dan anteng sekali. Mungkin karena ini adalah pengalaman pertamanya bermain bersama ayah dan kakek-neneknya dua hari penuh sehingga Attaya juga terlihat senang sekali. Selama dua hari Attaya terlihat banyak tertawa, senyum, dan mengoceh. Mama juga ikut bahagia lihatnya.

Sebelum mengajak Attaya staycation, tentunya ada beberapa hal yang perlu aku siapkan dan pertimbangkan sebelumnya, mengingat usianya yang masih sangat kecil, baru akan genap 2 bulan. Beberapa hal yang aku pertimbangan antara lain:

1. Lokasi.

Karena ini staycation pertama Attaya, aku coba menginap di jarak yg dekat dulu, masih di hotel seputaran Jakarta. Jika Attaya tidak rewel, berarti ini tanda bahwa anaknya happy, jadi lebih pede deh ajak Attaya ke staycation berikutnya! Bahkan bisa pergi ke tempat yang lebih jauh atau ke luar kota.

2. Perlengkapan menyusui

Untuk ibu yang DBF (direct breastfeeding), apron dan memakai baju menyusui adalah hal wajib agar mudah menyusui di manapun dan kapanpun. Selama dua hari aku pakai baju khusus menyusui, jadi memudahkan. Karena usia 2 bulan bayi masih banyak sekali menyusu, rata-rata 2-3 jam sekali untuk usia 2 bulan, jadi baju menyusui sangatlah membantu, dan apron tentunya.

3. Early packing

Persiapkan keperluan maksimal sehari sebelumnya agar tidak kerepotan di hari H. Semakin dipersiapkan dari jauh-jauh Hari lebih bagus until meminimalisasi jika ada barang-barang yang tertinggal.

4. Ajak orang terdekat

Kehadiran orang terdekat seperti suami/kakek nenek/nanny sangat membantu dan membuat suasana lebih ramai dan menyenangkan untuk bermain. Karena aku tidak menggunakan jasa nanny/baby sitter, kebetulan banget staycation kali ini nenek dan kakek Attaya ikut serta. Jadi asik kan, kalau lagi main sama kakek-nenek, mamanya bisa istirahat sebentar atau mandi, hehe.

5. Pertimbangan tempat menginap

Pilih hotel/tempat penginapan yang aman dan nyaman untuk baby. Hal yang paling utama adalah kebersihan karena usia newborn seperti ini rentan sakit, daya tubuhnya belum terbentuk sempurna.

6. Kondisi bayi

Pastikan keadaan baby sedang sehat. Jangan memaksakan dulu kalau bayi sedang kurang sehat atau agak rewel.

Dengan mempertimbangkan dan mempersiapkan hal-hal di atas, staycation pertama Attaya Alhamdulillah berhasil dan menyenangkan! 😉

Let’s go to the next staycation, baby!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top